Organisasi konservasi internasional Zoological Society of London (ZSL) yang juga bergerak dalam penggalangan dana menjelaskan lebih lanjut mengenai sektor produksi kelapa sawit  melalui peluncuran versi terbaru Sustainable Palm Oil Transparency Toolkit (SPOTT), yang mana telah berkembang sehingga telah mencakup setengah dari total lahan kelapa sawit yang ada di dunia.

ZSL telah membangun sebuah platform interaktif bebas biaya yang bernama SPOTT, untuk membantu investor, peneliti dan pembeli komoditi dalam mengelola resiko lingkungan di sektor kelapa sawit. Situs ini memberikan penilaian dan peringkat untuk 50 produsen minyak kelapa sawit terbesar menggunakan informasi yang tersedia secara umum mengenai operasi dan pengelolaan yang keberlanjutan.

Dengan bekerja secara langsung dengan industri untuk mendapatkan hasil yang lebih detil, ZSL juga mengedepankan misi konservasi globalnya – untuk meningkatkan pemahaman tentang praktek-praktek tidak berkelanjutan yang berkontribusi terhadap nasib species terancam punah termasuk diantaranya Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dan Orangutan Sumatera (Pongo abelii), serta kabut tebal musiman yang menimpa Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir.

SPOTT  secara regular (setiap tiga bulan) akan memperbaharui penilaian dan skor untuk 50 perusahaan produsen kelapa sawit – dua kali lipat dari jumlah perusahaan pada tahun 2014 – menggunakan lebih dari 50 kriteria penilaian. Tersusun atas pertanyaan pertanyaan langsung mengenai praktek terbaik dan penyebaran informasi terhadap praktek tersebut, beberapa indikator yang juga mencakup bagian seperti pengelolaan lingkungan, mengurangi emisi gas rumah kaca, meningkatkan ketelusuran supply-chain, dan pelaporan untuk skema sertifikasi industri terbesar, Roundtable on Sustainability Palm Oil (RSPO). Pengguna dapat membandingkan kinerja perusahaan melalui grafik pelacakan tren (trend-tracking graphs), serta pemantauan media untuk peliputan spesifik perusahaan pada isu isu termasuk kebakaran, kabut, deforestasi dan konflik satwa liar.

Leonie Lawrence, Global Palm Oil Manager untuk ZSL, berkomentar “SPOTT mendukung pihak produsen untuk meningkatkan pelaporan dan transparansi. Dengan jumlah perusahan dua kali lipat dan setengah dari pemilik lahan kelapa sawit secara keseluruhan dalam pengembangan kelapa sawit sekarang tersedia dalam platform kami, kami ingin terlibat dengan perusahaan dalam meningkatkan nilai mereka dan mendesak sektor keuangan dalam menggunakan informasi tersebut untuk memenuhi tanggung jawab mereka serta memahami dan mengatasi dampak lingkungan mereka.”

Toolkit Transparansi ZSL ini juga menjadi penyedia alat pemetaan yang menyeluruh yang menampilkan lokasi konsesi kelapa sawit yang di overlay dengan data satelit terkini untuk kawasan lindung, deforestasi dan ancaman kebakaran yang disediakan oleh Global Forest Watch – World Resources Institute.

Sejak maraknya lembaga keungan beralih dari bahan bakar fosil, banyak investor tertarik untuk mendukung energi alternatif terbarukan, sering dalam bentuk biofuel, yang mana minyak sawit merupakan komponen yang sedang tumbuh. SPOTT menyediakan pedoman untuk proses Tata Kelola Lingkungan dan Sosial (ESG) yang dibutuhkan untuk mengembangkan investasi yang bertanggung jawab, serta membantu membangun kepercayaan dalam rantai distribusi (supply chain) dengan membuat sektor operasional sebuah perusahaan menjadi lebih transparan – langkah pertama dalam mengubah industri menuju masa depan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Hilde Jervan, dari Council on Ethics, menjelaskan bahwa: “Pengalihan investasi bukanlah pilihan terbaik, namun dialog mengenai informasi sangatlah dibutuhkan untuk mendukung perusahaan yang bertindak secara bertanggung jawab. SPOTT menawarkan mekanisme yang dibutuhkan untuk sektor keuangan untuk terlibat dengan produsen dan agenda ESG ke depannya. Ini tentunya membuka jalan bagi pemodal untuk berkomunikasi dengan perusahaan untuk memantau dan mengelola resiko lingkungan”.

Baik apakah anda seorang investor, trader, produser, atau pembeli dalam rantai pasokan, semua pemangku kepentingan memiliki peran untuk bermain dalam meningkatkan keberlanjutan. Pengunjung dapat penggunakan situs SPOTT menurut kepentingan setiap pemangku kepentingan mereka dan menemukan informasi yang telah dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Pimpinan RSPO Head of Impacts, Dr. Sanath Kumaran menambahkan: “RSPO menyambut kerangka indikator yang mendukung keberlanjutan seperti halnya SPOTT, yang akan mendukung anggota RSPO dalam mengubah pasar dalam membuat minyak sawit berkelanjutan dan menerjemahkan komitmen menjadi hasil yang nyata di lapangan”.

 

Latar Belakang Informasi mengenai kelapa sawit

Salah satu komoditas pertanian yang paling penting di dunia, minyak sawit terdapat pada lebih dari setengah komposisi dalam semua produk kemasan di supermarket, namun untuk beberapa dekade, minyak sawit yang tidak berkelanjutan telah menjadi kunci pendorong utama deforestasi hutan tropis, dengan luasnya hutan hujan yang dibuka – seringnya pembakaran hutan – hanya untuk kemudian diganti dengan tanaman monokultur, kelapa sawit Africa (Elaeis guineensis)

Latar Belakang Informasi mengenai SPOTT

Dikarenakan masalah yang dihadapi industri cukup kompleks, SPOTT menyikapi hal ini dengan memeriksa masalah dalam skala yang detail. ZSL telah mengadopsi hal hal yang terhitung penting dari Sustainable Palm Oil Platform yang sebelumnya, termasuk laporan, studi kasus dan weblinks, dan mengintegrasikannya kedalam topik topik SPOTT dan bagian yang berisikan material material untuk best practice yang kemudian dihubungkan secara langsung ke indikator kerangka kerja. SPOTT juga memiliki glossary untuk membantu mendefinisikan istilah, inisial dan singkatan yang banyak tercantum dalam laporan dan website perusahaan. SPOTT sekarang telah kompatibel dengan Google Translate, dan ZSL juga mengembangkan konten dalam bahasa lain, termasuk Bahasa Indonesia, Melayu dan Cina.

Zoological Society of London (ZSL) 

Berdiri pada tahun 1826, Zoological Society of London (ZSL) adalah badan amal, edukasi, konservasi dan ilmiah internasional yang memiliki misi untuk memajukan dan mencapai konservasi species dunia dan habitatnya. Misi kami terealisasi melalui penelitian yang inovatif, proyek konservasi kami di lebih dari 50 negara, serta dua kebun binatang kami, ZSL London Zoo dan ZSL Whipsnade Zoo. Untuk informasi lebih lanjyt kunjungi www.zsl.org

ZSL dan Kelapa Sawit

ZSL pertama memulai kerjanya dengan memberikan rekomendasi kepada perusahaan kelapa sawit tentang bagaimana mengelola populasi harimau sumatera yang ditemukan di situs konsesi mereka – daerah dimana produsen yang diizinkan untuk beroperasi.

Lebih dari sepuluh tahun kemudian, Program Konservasi ZSL Indonesia telah diperluas ke konservasi habitat harimau, patroli anti-perburuan dan survei ekologi menggunakan alat pemantauan tata ruang dan pelaporan (Spatial Monitoring and Reporting Tool / SMART), dan keterlibatan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan mata pencaharian masyarakat setempat.

ZSL juga merupakan anggota aktif dari Roundtable on Sustainability Palm Oil (RSPO), yang menjadi salah satu  Board of Governors, serta mengirimkan dan mendukung resolusi untuk meningkatkan Prinsip dan Kriteria, termasuk pelaporan untuk Komunikasi untuk Kemajuan Tahunan (ACOP).

Data ZSL yang didukung penelitian lapangan  menunjukan bahwa kurang dari 16% dari species hewan yang tercatat di hutan primer, ditemukan di dalam area perkebunan kelapa sawit konvensional. Hasil studi ZSL lainnya baru baru ini menunjukan bahwa konsumen bersedia membayar premi untuk minyak sawit berkelanjutan, dan peningkatkan permintaan  sangatlah penting untuk mempertahankan produktivitas sekaligus melindungi keanekaragaman hayati.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.zsl.org/conservation. Follow ZSL di Twitter: @officialzsl, @zslconservation, @zslscience, dan @zslpalmoil.